Home / News / Jasa Pembuatan PT Terbaik di Indonesia
Pendirian PT - appfluence.com
Pendirian PT - appfluence.com

Jasa Pembuatan PT Terbaik di Indonesia

Seiring dengan berkembangnya bisnis yang dilakukan oleh masyarakat, permohonan pendirian Perseroan Terbatas atau yang kemudian disebut dengan PT juga semakin tinggi. Prosedur pembuatan PT pun termasuk cukup kompleks mengingat status badan usaha yang akan berubah menjadi badan hukum, sehingga ada banyak administrasi yang berisiko hukum tinggi pula. Beruntung, kini ada banyak jasa pembuatan PT di Indonesia.

Siapa saja bisa mendirikan PT selama memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Paling tidak, pihak usaha yang bisa berstatus PT harus memenuhi ketentuan modal dasarnya yang paling tidak bernilai Rp50.000.000,00. Adapun sebesar 25% dari modal dasar tersebut harus ditempatkan dan disetor penuh.

Keuntungan Menjadi PT

Pendirian PT - woodlandhousehotel.co.uk
Pendirian PT – woodlandhousehotel.co.uk

Tidak semua pelaku usaha perlu mendirikan PT. Namun, bila modal yang dimiliki telah mencapai batas minimal seperti yang disebutkan, mempunyai rencana kerja dan pengembangan bisnis yang matang, dan target scaling yang lebih besar, mengukuhkan usaha sebagai bentuk PT adalah pilihan yang justru akan menguntungkan.

  • Mudah meningkatkan saham

Undang-undang secara jelas menyatakan bahawa modal dari sebuah PT terdiri atas persekutuan saham. Keberadaan penyertaan saham ini pun menjadi pintu untuk memperluas usaha atau bisnis dengan menjalankan skema Perseroan Terbuka atau Perseroan Publik, yakni Perseroan yang melakukan penawaran umum saham. Di samping itu, secara subjektif pun, pihak investor akan lebih memercayakan pengelolaan hartanya dalam bentuk saham pada usaha yang berbentuk PT.

  • Memiliki organisasi yang rapi

Sebagai badan hukum yang menjalankan usaha, sebuah PT tunduk mengikuti aturan yang mewajibkannya untuk memiliki struktur khusus atau yang disebut dengan Organ Perseroan. Adapun Undang-Undang mengatur bahwa yang termasuk dalam Organ Perseroan adalah RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham), Dewan Komisaris, dan Direksi. Untuk pengaturan lebih lengkapnya, Undang-Undang tidak terlalu mengatur dan akan dituangkan dalam anggaran dasar Perseroan.

  • Tidak terbatas waktu

Sebagai perusahaan profesional, sebuah PT tidak harus berhenti beroperasi ketika pimpinan perusahaan tidak lagi menjabat posisinya. Undang-Undang juga telah mengatur tata cara pengangkatan, penggantian, dan pemberhentian jajaran Direksi maupun Dewan Komisaris. Di samping itu, surat izin pendirian PT pun tidak berbatas waktu sehingga tetap dapat beroperasi hingga periode yang diinginkan.

  • Penggunaan nama PT dilindungi Undang-Undang

Tidak seperti yang lain, pemilihan nama PT harus lebih dulu mendapat persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM. Bilamana Kementrian telah menyetujuinya, maka tidak boleh ada nama serupa yang digunakan oleh pihak lainnya.

  • Adanya legitimasi dari pemerintah

PT merupakan satu-satunya jenis usaha yang secara resmi kegiatan dan tata cara pelaksanaannya diatur di dalam sebuah anggaran dasar dan disahkan oleh Kemenkumham. Adapun secara spesisik landasan hukum yang mengatur hal ini adalah Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas atau yang lebih mudah disebut UUPT.

Syarat Mendirikan PT

pendirian PT - huffingtonpost.com
pendirian PT – huffingtonpost.com

“Perseroan Terbatas, yang selanjutnya disebut perseroan, adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam undang-undang ini serta peraturan pelaksanaannya.”

-Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas-

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya dan tertuang jelas dalam kutipan UU di atas, maka berikut adalah syarat-syarat yang wajib dipenuhi dalam mendirikan PT sesuai UUPT adalah sebagai berikut.

  • Didirikan oleh paling sedikit dua orang
Read More :  Cari Biaya Pembuatan PT Murah? Berikut Solusinya

Sesuai yang diamanatkan pasal 1 ayat 1 UUPT, sebuah PT merupakan badan hukum yang terdiri atas persekutuan modal dan diikat oleh perjanjian. Dengan demikian, jelas bahwa harus ada lebih dari satu orang yang berperan dalam proses pendirian ini.

Secara lebih lugas, syarat ini tertuang di dalam pasal 7 ayat 1 UUPT sebagai berikut:

  1. Perseroan didirikan oleh 2 (dua) orang atau lebih dengan akta notaris yang dibuat dalam bahasa Indonesia.
  • Setiap pendiri wajib mengambil bagian dalam saham

Setiap pendiri PT wajib memiliki saham di dalam roda perusahaan yang dimilikinya. Hal ini juga nantinya harus dituangkan dalam akta pendirian yang dibuat di hadapan notaris. Adapun sumber hukum ini dapat ditinjau pada pasal 7 ayat 2 dan pasal 8 ayat 1 huruf c UUPT.

  1. Setiap pendiri Perseroan wajib mengambil bagian saham pada saat Perseroan didirikan. (Pasal 7 ayat 2)
  2. Nama pemegang saham yang telah mengambil bagian saham, rincian jumlah saham, dan nilai nominal saham yang telah ditempatkan dan disetor. (Pasal 8 ayat 2 huruf c).
  • Membuat akta pendirian

Akta pendirian merupakan sebuah akta autentik yang kemudian akan digunakan untuk mengurus berbagai legalitas pendirian lainnya seperti NPWP, domisili, dan lain-lain. Akta ini dibuat di hadapan notaris dan memuat berbagai keterangan seperti identitas dan kesepakatan para pihak (pendiri) untuk mendirikan PT, anggaran dasar PT, dan tujuan didirikannya PT.

Akta pendirian harus dibuat dalam bahasa Indonesia. Adapun untuk membuatnya sah menjadi sebuah badan hukum, akta pendirian harus lebih dulu disahkan oleh oleh Kementrian Hukum dan HAM.

  1. Perseroan didirikan oleh 2 (dua) orang atau lebih dengan akta notaris yang dibuat dalam bahasa Indonesia. (Pasal 7 ayat 1)
  2. Akta pendirian memuat anggaran dasar dan keterangan lain berkaitan dengan pendirian (Pasal 8 ayat 1)
  3. Keterangan lain sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memuat sekurang-kurangnya:
  4. nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, tempat tinggal, dan kewarganegaraan pendiri perseorangan, atau nama, tempat kedudukan dan alamat lengkap serta nomor dan tanggal keputusan menteri mengenai pengesahan badan hukum dari pendiri Perseroan;
  5. nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, tempat tinggal, kewarganegaraan anggota Direksi dan Dewan Komisaris yang pertama kali diangkat;
  6. nama pemegang saham yang telah mengambil bagian saham, rincian jumlah saham, dan nilai nominal saham yang telah ditempatkan dan disetor. (Pasal 8 ayat 2)

(3) Dalam pembuatan akta pendirian, pendiri dapat diwakili oleh orang lain berdasarkan surat kuasa. (Pasal 8 ayat 3)

Selain hal-hal di atas, beberapa syarat umum pendirian PT lainnya yang harus disiapkan antara lain sebagai berikut.

  1. Penetapan nilai modal dasar dan modal disetor, dengan jumlah modal disetor minimal 25% dari modal dasar. Adapun berdasarkan besarnya modal, PT diklasifikan menjadi PT kecil (modal setor lebih dari Rp50.000.000), PT menengah (modal setor lebih dari 500.000.000), dan PT besar (modal setor lebih dari 10.000.000.000).
  2. Salinan KTP, NPWP, dan KK para pemegang saham dan pengurus.
  3. Foto pemangku jabatan Direksi dengan ukuran 3×4, latar belakang berwarna merah.
  4. Salinan PBB tahun terakhir sesuai dengan domisili perusahaan.
  5. Salinan surat sewa atau bukti kepemilikan tempat usaha lainnya.
  6. Surat Keterangan Domisili yang dikeluarkan oleh pengelola gedung bilamana usaha berdomisili di gedung perkantoran.

Prosedur Pembuatan PT

Pendirian PT - irishtimes.com
Pendirian PT – irishtimes.com

Prosedur pembuatan PT membutuhkan waktu yang cukup panjang. Paling tidak, untuk membuat akta pendirian saja dibutuhkan anggaran dasar yang memuat serangakaian aturan, kebijakan, dan arahan kinerja perusahaan. Baru setelah dokumen ini dibuat, syarat administrasi lainnya bisa diproses.

Read More :  Tips Memilih Pembuatan PT Murah, Namun Berkualitas

Pembuatan Akta Pendirian

Pendirian PT - entrepreneur.com
Pendirian PT – entrepreneur.com

Saat mengajukan ke notaris, beberapa dokumen yang harus dibawa antara lain KTP dan NPWP asli dan salinan milik tiap-tiap pendiri. Adapun beberapa hal yang juga harus disiapkan: daftar nama pemegang saham, nama pengurus perusahaan sesuai jabatannya, maksud dan tujuan pendirian perusahaan, dan komposisi kepemilikan saham.

Setelah draft selesai, maka dilakukan penandatanganan para pemegang saham langsung di hadapn notaris. Notaris kemudian akan melanjutkan pengurusan pengesahan akta ke Kementerian Hukum dan HAM. Adapun dalam pengurusan ini dibutuhkan adanya salinan Surat Keterangan Domisili.

Pembuatan Surat Keterangan Domisili

Pendirian PT - komando.com
Pendirian PT – komando.com

Anda bisa mendapatkan berkas ini di kantor kelurahan atau kepala desa sesuai lokasi usaha yang dijalankan berada. Setelah itu, Anda juga memerlukan Surat Keterangan Domisili berikutnya yang dikeluarkan oleh Camat setempat.

Jangan lupa untuk membawa salinan akta pendirian saat mengurus Surat Keterangan Domisili. Pasalnya, petugas kelurahan biasanya akan memeriksa status tempat usaha yang digunakan—apakah sewa atau milik sendiri. Siapkan pula salinan perjanjian sewa bila statusnya berupa sewa atau bukti bayar PBB bila milik sendiri.

Pembuatan NPWP

Pendirian PT - techadvisor.co.uk
Pendirian PT – techadvisor.co.uk

Kini, melakukan pembuatan NPWP perusahaan tidak perlu lagi harus datang langsung ke kantor pajak terdekat. Lakukan pendaftaran akun melalui situs resmi kantor pajak, lalu isi formulirnya dengan data yang sebenar-benarnya.

Selesai mengisi seluruh isian formulir dan mengirimnya secara elektronik, cetak dan tanda tangani dokumen Formulir Resgistrasi Wajib Pajak dan Surat Keterangan Terdaftar Sementara untuk kemudian ditandatangani. Setelah itu, kirimkan ke KPP terdekat. Namun, bila ingin lebih mudah, Anda juga bisa mengirimnya via digital. Selanjutnya, tunggu saja NPWP dikirim ke alamat rumah.

Pembuatan SIUP dan TDP

Pendirian PT - istockphoto.com
Pendirian PT – istockphoto.com

Sesuai namanya, SIUP dan TDP merupakan sebuah dokumen yang berisi izin dari pemerintah bagi Anda untuk menjalankan usaha perdagangan. Beberapa pemerintah daerah memungkinkan untuk pengurusan dua dokumen ini secara bersamaan, tetapi sebagian lain meminta penyelesaian SIUP terlebih dahulu.

Proses pengajuan ini dilakukan di kantor Dinas Perdagangan atau Kantor Pelayanan Perizinan (beberapa daerah menjadikannya lebih ringkas di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu alias BP2T).

Pengurusan dokumen ini juga memerlukan beberapa dokumen lain sebagai pendukung. Paling tidak, bawalah hal-hal berikut ini.

  1. Salinan akta pendirian yang telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM.
  2. Salinan KT direktur utama atau penanggung jawab perusahaan atau pemegang saham.
  3. Salinan KK bila penanggung jawab yang didaftarkan adalah wanita.
  4. Salinan NPWP perusahaan.
  5. Surat Keterangan Domisili Usaha.
  6. Izin Prinsip
  7. Neraca perusahaan.
  8. Surat Izin Gangguan.
  9. Pasfoto direktur utama atau penanggung jawab atau pemegang saham ukura 4×5 sebanyak 2 lembar.
  10. Materai Rp6.000,00.
  11. Izin teknis dari instansi bila dibutuhkan.

Jasa Pembuatan PT

Pendirian PT - appfluence.com
Pendirian PT – appfluence.com

Namun, pembuatan PT kini tidak harus dilekukan oleh internasl perusahaan. Terutama bila pengurus perusahaan masih relatif awam dengan prosedur, hukum, dan birokrasi, menggunakan jasa pembuatan PT yang perofesional akan lebih membantu dan aman.

Lebih jauh, menggunakan jasa pembuatan PT akan lebih menghemat waktu dan tenaga. Pihak perusahaan dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih efisien tanpa direpotkan oleh birokrasi pendirian PT.

Walau begitu, penting untuk memilih jasa pembuatan PT yang profesional dan dapat diandalkan. Agar tidak salah pilih dan menimbulkan kekacauan di kemudian waktu, berikut beberapa tips dalam memilih pihak penyedia jasa dalam pembuatan PT seperti berikut.

Read More :  Keuntungan Menggunakan Jasa Pendirian PT

Melihat Kredibilitas Perusahaan

Pendirian PT - inc.com
Pendirian PT – inc.com

Di zaman sekarang, kemudahan mencari informasi sangat membantu menemukan mitra yang tepat, termasuk untuk mendirikan PT. Pelajari track reocrd dan kredibilitas perusahaan penyedia jasa pembuatan PT. Tidak hanya sekadar nama besar, tetapi jejak siapa saja klien yang menggunakan jasa tersebut dan bagaimana hasil kerjanya juga perlu menjadi pertimbangan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Memastikan Status Hukum Perusahaan

Pendirian PT - stahlka.com
Pendirian PT – stahlka.com

Jangan sampai menyerahkan urusan yang sangat berhubungan dengan hukum dan birokrasi kepada pihak yang bahkan tidak memiliki kejelasan status hukum. Pasalnya, masih banyak pula perusahaan yang belum memiliki kejelasan status hukum sekalipun telah melakukan promosi besar-besaran.

Mempertimbangkan Layanan yang Diberikan

Pendirian PT - edmunds.comPendirian PT - edmunds.com
Pendirian PT – edmunds.com

Setiap penyedia jasa pendirian PT mempunyai layanan yang berbeda-beda. Untuk itu, pilihlah biro jasa yang menyediakan fleksibilitas layanan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan pula bahwa orang-orang yang terlibat di dalamnya merupakan orang-orang yang berkualitas dan berkompeten dalam mengurus hal-hal terkait pendirian PT, perpajakan, dan sebagainya.

Tidak Tergiur dengan Harga Murah

Pendirian PT - depositphotos.cpm
Pendirian PT – depositphotos.cpm

Bagaimanapun, ada harga ada rupa. Jangan tergiur dengan tawaran layanan membuat PT yang dipatok dengan harga murah. Meski setiap pihak memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan layanan yang diberikan, tetapi selalu ada standar harga pasaran yang dapat dijadikan acuan. Untuk itu, ada baiknya untuk lebih dulu mengenali berapa biaya pengurusan PT di wilayah tertentu sesuai dengan domisili usaha.

Memastikan Jaminan Validasi

Pendirian PT - freep.com
Pendirian PT – freep.com

Setiap perusahaan profesional tidak hanya didukung oleh sumber daya yang dapat bekerja secara profesional. Biasanya, perusahaan dengan reputasi yang apik berani memberikan jaminan kepada kliennya bilamana terjadi risiko tanpa batas waktu. Maka dari itu, jangan ragu untuk menanyakan jaminan apa yang berani diberikan pihak penyedia jasa dalam membantu pengurusan pendirian PT.

Pada dasarnya, mendirikan sebuah Perseroan Terbatas alias PT merupakan pekerjaan yang cukup banyak menyita waktu dan tenaga. Di samping itu, pemahaman terhadap hukum pun juga diperlukan, sehingga harus benar-benar dilakukan dengan teliti  dan mendetail. Maka dari itu, tidak jarang bila dibutuhkan konsultan khusus untuk berhasil mendirikan PT yang mengawal sejak proses permohonan pendirian.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta khususnya dan sedang mencari jasa pembuatan PT, kami dapat memberi solusi yang dibutuhkan. dunianotaris.com telah berpengalaman dalam memberikan pelayanan perizinan usaha dengan ribuan klien di seluruh Indonesia. Kami bekerja dengan lebih cepat (hanya dalam waktu 30 hari), profesional, dan transparan dan dukungan tenaga kerja yang profesional dan ahli di bidang masing-masing.

 

Baca Juga : Biaya Pembuatan PT Di Jakarta Yang Murah Dan Aman

 

Berbagai layanan yang kami lakukan antara lain perizinan usaha, izin usaha perdagangan, industri, pembuatan PT dan CV, pendirian PMA, pengurusan dokumen perusahaan, hingga izin pribadi. Adapun beberapa jaminan layanan kami antara lain:

  • Proses perizinan yang mudah dan tidak berbelit-belit.
  • Izin usaha dijamin lengkap.
  • Konsultasi dengan tenaga profesional dan ahli.

Kami juga melayani beberapa pengurusan administrasi terkait perizinan seperti akta pendirian dari notaris, SK Menteri Hukum dan HAM, SIUP, TDP, NPWP, Surat Keterangan Domisili Perusahaan, dan Pengumuman Dalam Berita Negara RI.

Check Also

syarat bikin PT baru - pixabay.com

Untuk Calon Pengusaha, Ini Syarat Bikin PT Baru yang Perlu Dipahami

Bagi pelaku usaha, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengubah status badan usahanya menjadi …

Tidak Perlu Repot, Kini Ada Jasa Bikin PT yang Aman dan Legal

Kalau Anda berencana untuk mendirikan PT, kini tidak perlu lagi mengeluarkan terlalu banyak waktu dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.