Tugas dan Peran Dari Jasa Notaris

Tugas dan Peran Dari Jasa Notaris

Tugas dan Peran Dari Jasa NotarisJakarta, DuniaNotaris.Com – Dalam setiap mendirikan usaha entah itu CV maupun juga PT, maka diperlukan jasa badan tertentu yang sangat penting yaitu jasa notaris. Tanpa mereka, usaha Anda tidak mungkun lancar sebab notaris bisa membantu untuk mengurus semua legalitas usaha yang dibutuhkan bahkan ada pula yang sejak awal sudah membantu untuk mendirikan PT dan CV langsung sehingga Anda juga tidak perlu membuang waktu, biaya dan tenaga besar.

Hal yang Harus Diketahui Tentang Jasa Notaris 

Banyak sekali peran dan juga manfaat dari menggunakan jasa notaris karena mereka bisa melakukan pembuatan akta perjanjian, melakukan perubahan dalam anggaran dasar suatu PT, mengatasi adanya sengketa, membuat akta pendirian, melakukan pengurusan perijinan dan sebagainya.

Anda tentu perlu mengetahui tugas dasar penting dari notaris yang akan mempermudah semua usaha Anda sebagai berikut:

  • Tugas notaris

Sebelum Anda mulai memilih kantor notaris mana yang Anda inginkan, maka ketahui dulu tugasnya. Mereka pada dasarnya membukukan banyak sekali surat dan juga mendaftarkannya dalam buku khusus yang dikenal sebagai waarmarketing, membuat adanya salinan surat dibawah tangan, mengesahkan, mencocokkan bukti legalisir, memberi penyuluhan hukum maupun segala macam hal yang berkaitan dengan pembuatan akta tertentu.

Mereka juga membuat akta yang ada kaitannya dengan tanah maupun kesalahan dalam pengetikan yang nantinya mereka memberikan BA atau Berita Acara sekaligus catatan yang memuat adanya akta asli seperti yang sesuai dengan UUJN pasal 51.

  • Kewajiban notaris

Selain memiliki tugas-tugas penting yang bahkan tidak dapat dihitung dengan jari, kewajiban notaris juga sangat banyak dan telah tercatat di dalam UUJN pasal 16 yaitu tidak memihak, mandiri, seksama, bertindak jujur sekaligus menjaga kepenetingan pada pihak yang saling terkait dari kutipan akta, grosse akta, salinan akta yang memiliki dasar sesuai minuta akta, membuat akta sekaligus menyimpannya untuk menjadi protokol notaris dan notaris wajib untuk tetap menjamin legalitas keabsahannya.

Apabila akta dibuat secara originali, maka mereka tidak berhak untuk menyimpan minuta akta tersebut. Mereka memberikan adanya pelayanan yang sesuai dengan UUJN kecuali ada alasan tertentu untuk menolak, mencatat semua repotrorium tentang tanggal pengiriman dari daftar wasiat setiap bulan di akhir dan lain sebagainya.

  • Larangan notaris

Sesuai dengan UUJN pasal 17, ada larangan jabatan notaris yaitu dilarang untuk menjalankan jabatan mereka diluar dari batasan wilayah, dilarang untuk meninggalkan wilayah dari jabatan mereka secara berturut-turut hingga lebih dari 7 hari tanpa keterangan yang jelas dan sah, dilarang untuk merangkap jabatan sebagai pegawai negeri, advokat, pejabat negara, pemimpin maupun BUMN atau badan usaha yang lain.

Mereka juga tidak boleh merangkap sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah diluar dari wilayah mereka, notaris pengganti maupun profesi lain yang sangat bertolak belakang dan berbeda dari norma agama, sosial dan kepatuhan apapun.

Setelah Anda mengetahui peran dan juga tugas mereka, maka Anda bisa mengetahui bahwa peran jasa notaris sangat diperlukan untuk kelancaran bisnis Anda dan perusahaan.

Check Also

izin edar pestisida

Izin Edar Pestisida, Ini Persyaratan dan Cara Praktis untuk Mengurusnya

Perusahaan Anda ingin mengedarkan produk berupa pestisida di Indonesia? Jika iya, maka sebaiknya pastikan untuk …

Pembuatan Izin Impor Bawang Putih, Importir Wajib Paham!

Semua perusahaan atau industri yang ingin melakukan impor bawang putih dari luar negeri wajib mengurus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Dunia Notaris

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca